2009 DAF XF105
Salah satu truk paling sukses untuk operasi jangka panjang adalah DAF XF 105.
Di Eropa truk adalah salah satu model yang dijual terbaik dan itu
sangat dihargai untuk biaya rendah pemeliharaan dan efisiensi bahan
bakar tinggi. Untuk dua alasan kendaraan juga terpilih sebagai Truk Internasional Tahun 2007.
Para XF105 DAF bersaing di segmen 44 ton dengan model seperti Magnum Renault , Man TGX atau Iveco Stralis . Truk ini tersedia dengan pilihan traktor dan rigids dengan dua, tiga, atau empat as dan pilihan tiga mesin output.
Desain dan interior
Desain eksterior tidak akan memenangkan penghargaan kecantikan, sebagai
panel bodi datar dan tidak adanya elemen desain signifikan memberikan
truk melihat pesawat yang hampir sempurna.
Lampu depan berbentuk persegi panjang tipis tidak ada gunanya untuk
gambaran keseluruhan baik, sedangkan lampu kabut bulat terlalu kecil
untuk memiliki dampak signifikan pada desain truk.
Di dalam, ada hampir cerita yang sama. Membungkus bulat dashboard itu disimpan cukup sederhana dan desain keseluruhan dikorbankan untuk fungsionalitas.
Para XF105 saingan telah meluangkan waktu untuk bekerja melalui kabin
mereka untuk menyediakan bahan kualitas yang lebih baik serta desain
dasbor dan konsol tengah yang tidak terlihat atau merasa seperti mereka
memiliki 10 tahun. Bahan-bahan yang sebanding dengan mereka yang berasal dari generasi tua Iveco Stralis dan kalah dengan Volvo FH atau bahkan TGX Man . Meskipun sekeras batu plastik bagaimanapun, membangun kualitas terlihat cukup baik dan kabin yang kokoh dibangun.
Lain Kabar baiknya adalah bahwa tidak ada yang secara fungsional yang salah dengan peralatan. Berkat desain akrab, semua kontrol yang intuitif dan mudah digunakan tanpa tersesat dalam lautan tombol. Interior two-tone dengan timbul-pola kursi juga menambahkan sentuhan kelas untuk Cab Ruang Super. Kursi pengemudi dirancang secara ergonomis dan itu berkat cukup nyaman untuk berbagai penyesuaian.
Selain itu, cermin lateral yang menutupi sebagian besar tampilan
belakang dan dibandingkan dengan truk lainnya di segmen ini
bintik-bintik buta disimpan ke tingkat minimal.
Kami juga menyukai instrumen cluster yang dilengkapi dengan alat pengukur putaran klasik yang jelas untuk dibaca. Ada juga tampilan pusat informasi yang menyajikan informasi kendaraan yang berbeda penting ketika permintaan driver.
Selain fitur dashboard biasa, ada tiga slot DIN, yang memungkinkan
pemasangan sistem audio, sistem navigasi, tampilan kamera atau komputer
on-board. Fitur lain termasuk Adaptive Cruise Control, Peringatan Tabrakan Forward dan DAF Sistem Kamera.
Di bawah tempat tidur adalah ruang untuk laci penyimpanan yang besar,
dengan opsi untuk menginstal laci 42-liter kulkas, di mana bahkan botol
besar dapat disimpan tegak.
Ada juga pemegang botol standar dipasang mudah dijangkau dari kursi
pengemudi bersama-sama dengan banyak loker lain yang bermanfaat.
Mesin dan Ride
DAF XF 105 dilengkapi dengan silinder 6 12. 9 mesin turbocharged liter tersedia dalam 410, 460 dan output 510hp di kedua versi 5 Euro 4 dan Euro. Semua tiga mesin memiliki banyak torsi tersedia, dan mampu menghadapi dengan karakter tugas berat truk.
Kekuatan mesin disimpan dalam tali oleh AS Tronic 12 kecepatan
transmisi ZF otomatis yang menawarkan kemungkinan untuk mengubah gigi
secara manual berkat kemudi dipasang tangkai. Tidak seperti gearbox lain, pengemudi dapat berkembang modus otomatis dengan mengubah gigi sebelum pemilihan truk. Fitur ini akan berguna ketika Anda harus berurusan dengan menuruni bukit atau daerah dengan tingkat percepatan.
Namun, tidak seperti transmisi otomatis lainnya dalam segmen, AS-Tronic
perlu intervensi manual dari waktu ke waktu, untuk memanfaatkan
kekuatan mesin penuh dengan efisiensi maksimum.
Bahkan dengan mesin paling lemah truk tidak pernah merasa kurang
bertenaga itu mampu menarik penuh 44 nada berat tanpa berkeringat.
Menuruni bukit kecepatan disimpan di cek oleh engine brake retarder
mampu dan yang membuat pekerjaan yang brilian dalam memperlambat truk. Rem standar dilengkapi dengan seluruh cakram dan dapat menghentikan truk itu tanpa berpikir dua kali.
Penanganan ini juga setara dengan pesaing, karena berada di sisi diprediksi. Juga, meskipun taksi tinggi, tidak ada body roll ditekankan atau hal lain untuk merusak perjalanan santai.
Selain itu, berkat seluruh suspensi udara, perjalanan nyaman dan truk
memiliki kemampuan menikung baik, memberikan banyak umpan balik jalan.
Mesin spesifikasi
Mesin | hp @ rpm | Nm @ rpm |
XF105.410 | 410 @ 1.500 | 2000 @ 1,000-1,410 |
XF105.460 | 460 @ 1.500 | 2300 @ 1,000-1,410 |
XF105.510 | 510 @ 1.500 | 2500 @ 1,000-1,410 |
Putusan
Berkat fleksibilitas tinggi, biaya perawatan yang rendah dan konsumsi
bahan bakar kecil, XF105 DAF akan terus tetap di puncak tangga lagu
penjualan. Di sisi lain, memang benar bahwa desain truk mungkin bukan yang paling indah di segmen kabin dan bisa saja lebih baik.
Namun, rincian ini kurang penting ketika kita berbicara tentang segmen
tugas berat dan XF mengkompensasi dengan titik kuat lainnya.
Mesinnya memiliki banyak punch dan dapat diandalkan, dan bahkan jika
transmisi otomatis itu tidak setepat unit lain dalam segmen ini, masih
melakukan tugasnya dengan martabat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar